..Last Logon on Active Directory..

Pagi ini dapet email buat ngecekin list user yang bisa akses internet, dari list itu apa ada yang udah resign enggak. Logikanya sih gue compare last login terus yang jauh dari tanggal-tanggal itu kemungkinan udah resign/cuti melahirkan. Sebelumnya gue pernah ada posting cara download Expired User on Active Directory . Tapi gue cek ga ada parameter buat dapetin Last Logon mungkin karena last logon itu bukan berdasarkan dari yang kita input (Expired User ini kan kita yang input klo disini berdasarkan tanggal yang ada di form). Setelah gue agak-agak desperado karena banyak register yang “ditungguin” akhirnya gue minta tolong Bayu buat bantuin cari script karena gue coba-coba beberapa script bukan itu yang dimaksud dan ini tanggal 5 report gue masih kurang 3 lagi dong, dan kerjaan ini udah ditungguin gak mungkin banget gue ngecekin manual satu2 800an user? wasting time!

Berbekal link yang dikasih Bayu, akhirnya gue dapet code yang gue coba satu2 sampe gue dapet yang gue cari dan ternyata yang berhasil buat dapetin last logon, scriptnya :

dsquery * -limit 0 -filter “&(objectClass=User)(objectCategory=Person)” -attr sAMAccountName lastlogontimestamp useraccountcontrol >> lastlogon.csv

Source : Last LogOn

Hasilnya :

sAMAccountName lastlogontimestamp useraccountcontrol
IEP 1.30909E+17 512

Last Log On Stampnya = 1.30909E+17

Dan itu ternyata harus diconvert dulu buat dapetin last logon yang manusiawi hahaha.. Caranya :

=IF(B2>0,B2/(8.64*10^11) – 109205,””)

Hasilnya :

42310.57966

Jangan panik kaya gue (hahaha) ternyata ini cukup dichange format cellnya dari General jadi Long Date/Short Date.

Hasil akhirnya jadi spt berikut :

sAMAccountName lastlogontimestamp useraccountcontrol
IEP 1.30909E+17 512 Monday, November 02, 2015

Explanation:

  • B2 is the cell that contains the Timestamp.
  • The If() statement hides the value if the user has not logged in.
  • (8.64*10^11) is the number of nanoseconds in a day divided by 100.
  • 109205 is the number of days, including leap days, between 1601 and 1900. (Remember, 1900 is when excel dates “start”)

Source : Convert Last LogOn Date

Akhirnyaa tinggal compare sama data HRD deh, lumayan ngeringkas kan dari pada ngecekin 800an user manual entah kelarnya kapan. Special thanks buat Bayuuu! Makasih linknyaaa.. Sekarang tinggal kerjain report deh, ini koq sempet ngeblog. Oh iya daripada nanti gue lupa caranya dan one day gue butuh kebetannya masih ada dong hahaha.. Mari lanjut kerja semoga hari ini gak terlalu malem ya pulangnya. Neng udah capek abang pulang malem terus plus lagi pilek dan butuh “obat” hahaha *curcol* #eaaa #iykwim

Leave a Reply

