..BatPil..

BatPil itu singkatan dari Batuk Pilek, hari selasa kmrn tiba2 mama tlp si Khansa batuk pileknya nambah parah katanya ampe sesek nafas krn kebanyakan dahaknya gak bisa nafas akhirnya lngsng deh izin pulang. Nyampe rumah si Khansa dah nangis2 terus krn susah nafasnya. Nyampe lngsng beres2in bawaan buat ke RS akhirnya langsung deh jalan ke RS Premier Bintaro, sempet kmrn cerita ama Mas Sugeng kmrn anaknya abis diuap krn batuk pilek juga dan beberapa wkt lalu si Takka (5m) anaknya Temi jg ampe dirawat gara2 pilek yg harus disedot cairannya😦 . Sepanjang jalan dah mikir macem2 aja mudah2an gak ampe dirawat.

Nyampe RS lngsng daftar trs ditanyain mau ama dokter siapa? Krn udah gak tega liat si cantik yg susah nafas akhirnya bilang ama dokter siapa aja deh yg cepet. Kata susternya yg cepet ama dr. Amar Widhiani Adisasmito, SpA trus didaftarin si cantik dpt no.4 pas nunggu si cantik nangis2 akhirnya lngsng aja ke nursery room buat disusuin. Pas udah mau diperiksa si ayah tlp klo nomernya dah dipanggil trs ditimbang berat badannya dah 5.880 gram. Si cantik diliat tenggorokannya ternyata gak merah emang sih dr kmrn dia gak demam cuma batuk pileknya aja kata dokternya ini virus akhirnya dikasih obat flu(drop) ama batuk(puyer) klo demam suhunya sampai 38 decel baru deh dikasih paracetamol. Alhamdulillah ternyata dokter anaknya gak sembarangan kasih antibiotik, trs dikasih tau buat sering2 ditengkurepin. Si cantik mang dah bisa mring2 dan tengkurep tp dia msh belum bisa naruh tangannya dgn bener yg ada tangannya selalu ketindihan dan masih harus dibantuin. Klo kata si mama ke ndutan jdnya susah buat geser tangannya sendiriπŸ˜€. Karena cuacanya lagi gak jelas bentar ujan bentar panas makanya jdnya gampang sakit deh.

Berikut penanganan pertama klo si kecil kena batpil :
1. Oleskan balsem Transpulmin di punggung, dada dan telapak kakinya trs si kecil dipakein kaos kaki.
2. Buat uap alami, caranya rebus air panas setelah mendidih tuangkan air panasnya ke baskom lalu diberi beberapa tetes minyak kayu putih dan si kecil digendong di dekat baskom agar terkena uap minyak kayu putihnya.
3. Jika pake AC dibuat jangan terlalu dingin.
4. Perbanyak ASInya jika sudah MPASI bisa dibanyakin air putih hangat.
5. Di pinggir2an bantalnya diberikan minyak kayu putih jg.
source : Arsip Milis AsiForBaby

Artikel lainnya untuk mengatasi BatPil dr AyahBunda Online :
Cara mengatasi:

* Tetap berikan ASI dan hindari penggunaan botol. Sebab, gerakan bayi mengisap payudara akan menutup saluran eustachius yang menghubungkan hidung dengan telinga. Kondisi ini akan memperkecil risiko terjadinya infeksi telinga oleh bakteri yang ada di hidung dan tenggorokan.
* Jangan asal memberi obat antibiotik, karena sebenarnya batuk pilek disebabkan oleh virus. Konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter untuk tahu apakah ada bakteri yang menginfeksi bayi Anda.
* Beri obat penurun panas bila suhunya 38,5 derajat Celcius, untuk mencegah kejang.
* Agar bayi bernapas lega, khususnya saat minum susu atau sebelum tidur, keluarkan cairan hidungnya dengan penguapan, menepuk-nepuk punggung bayi dalam posisi telungkup di paha Anda, atau disedot menggunakan alat penyedot lendir.

source : Kenali BATUK PILEK Pada Bayi Baru Lahir

Krn semua cara diatas udah dicoba termasuk minum obatnya jd mesti lebih sabar nih, kmrn si cantik bdnnya merah2 keq biang keringet akhirnya dikasih Bedak Dingin ama si Mama jd keq abis dilulurinπŸ˜€. Tapi akhirnya tetep jg dibeliin Caladine Lotion.
ai1544
Sedih liat si cantik sakit😦 , cepet sembuh yah sayang *peyuk2 Khansa*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s