..Bayi Sungsang..

Saat usia kandungan w36 periksa di bidan, saat diperiksa ternyata bayinya sudah masuk panggul pas kepalanya di bawah. Krn kmrn sempet pegel2 akhirnya diurut ama bude yg biasa ngurut biasanya sekalian benerin posisi bayi. Nah seminggu kemudian kontrol trs bu bidannya bilang kayanya posisi bayinya berubah nih buat mastiin disuruh usg di rs rujukan dr bu bidan. Akhirnya periksa deh usg di RSB Kartini di Cipulir, ternyata di w37 posisi bayi masih muter akhirnya yg dipanggul itu bokongnya bukan kepalanya yg artinya bayinya sungsang dan dokter tsb menyarankan untuk caesar. Karena sedikit kemungkinan untuk bayi bisa muter pada usia kehamilan yg mendekati persalinan dengan berat bayi 2,9kg. Hasil konsultasi dengan dokter diberikan ke bidan, akhirnya setelah dijelaskan intinya ibu bidannya gak berani membantu untuk lahiran normal dengan kondisi bayi sungsang. Menurut teman seharusnya saat posisi bayi sudah pas jangan diurut karena bisa merubah posisi bayi, karena tidak ingin menyalahkan siapa2 saya dan suami hanya berfikir klo bayi kami ini aktif sekali jadi setelah dia muter2 ternyata gak bisa balik lagi hehehe. Sambil berpositif thinking dan terus mencoba jalan pagi, nungging2. Yang pasti memperbanyak doa dan ikhtiar, berharap masih bisa ada kemungkinan bayinya berubah posisi.

Setelah ngobrol dengan tante, katanya klo konsultasi dengan dokter itu selalu bilangnya operasi krn beberapa tmnnya mengalami hal yg sama. Karena penasaran akhirnya coba kontrol di RS lain yaitu RS Puri Mandiri Kedoya ternyata hasilnya sama sungsang dan harus dicaesar. Dan kagetnya dokternya lngsng menjadwalkan operasi jumat minggu saat kita konsultasi, ternyata setelah dicek biaya caesar disitu untuk kelas 2 10jt-12jt lumayan jauh jg dr limit asuransi kantor pastinya nambahnya lumayan banyak. Akhirnya cari RS lain dan masih penasaran buat mastiin klo msh bisa normal. Balik lagi ke RS Budi Kemuliaan janjian dengan Dr Omo sblmnya bilang akan praktek ternyata pasien di RSCM lagi banyak2nya sedangkan di RS Budi Kemuliaan cuma saya pasiennya akhirnya disarankan dengan dokter lain yaitu Dr Mariono. Sebelumnya jg pernah konsultasi dengan beliau jdnya ya sudahlah gpp, ternyata hasil konsultasinya sama dengan dokter2 lain jika bayi sungsang pada kehamilan pertama sangat beresiko untuk melahirkan normal krn panggul kita belum pernah melahirkan. Karena bagian terbesar bayi adalah kepala dikhawatirkan jika melahirkan normal saat pantat bayinya sudah keluar ternyata kepalanya sulit untuk dikeluarkan atau kelamaan di dalam perut yg memungkinkan bayi kehabisan oksigen ataupun bayi minum air ketuban yg dapat menyebabkan keracunan.

Kemudian suster bilang untuk informasi biaya persalinan bisa dicek di admission biar ada referensi harga, nah klo di RS Budi Kemuliaan itu ada 2 tipe pasien yaitu pasien rumah sakit dan pasien pribadi. Perbedaannya klo pasien rumah sakit proses persalinannya berjenjang bidan -> dokter umum -> dokter spesialis sedangkan klo pasien pribadi itu langsung dngn dokter spesialis. Ternyata setelah dicek harganya lumayan selisihnya antara pasien rumah sakit dan pasien pribadi. Kelas 2 pasien pribadi itu = kelas 1nya pasien rumah sakit trs lebih murah 1jt.

Dengan banyak pertimbangan krn selama kehamilan periksanya gonta ganti dokter akhirnya saya dah suami mutusin buat pindah jadi pasien rumah sakit. Jadi saya gak bisa milih dokter, jadi kemungkinan bisa dokter yg mana aja yg sedang jaga saat itu. Untuk pemindahan pasien pribadi jadi pasien rumah sakit adalah dengan pindah konsultasi ke bidan -> dokter umum. Akhirnya periksa ulang dengan dokter umum dan seperti yg lain jawabannya masih dengan caesar, saat dengan dokter yg usg (beda dokter) beliau sempat bilang msh ada kemungkinan normal biasanya diusahakan normal dulu jika tidak bisa baru caesar berdasarkan prosedur awal pasien rumah sakit. Akhirnya seminggu kemudian disuruh kontrol lagi untuk melihat perkembangan apakah ada kemungkinan normal atau masih tetap caesar jika harus caesar akan dijadwalkan saat kontrol terakhir. Setelah cek rekam detak jantung bayi normal bagus. Setelah pemeriksaan yg lainnya ternyata memang harus caesar, akhirnya dijadwalkan besok pagi caesar jadi malem ini harus masuk mulai jam 8. Sebelumnya saya sempat tanya saat konsultasi dengan Dr Mariono “kira-kira ada yg perlu diminum sebelum operasi?” kemudian beliau menyarankan untuk minum obat cina Pien Tze Huang 1 sebelum operasi dan sisanya setelah operasi. Sebelum operasi akhirnya saya sempatkan beli di toko obat Cina di Bintaro Regency setelah tanya2 senseinya dia bilang salah jika minumnya sebelum operasi apalagi untuk operasi caesar karena obat ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil, sebaiknya diminum setelah 3 hari operasi dan diberi jeda waktu dr waktu minum obat dr rumah sakit sekitar 3-4 jam. Positif thinkingnya mungkin ada sesuatu yg gak pernah kita tau akan bagaimana jika dipaksakan lahir normal.

3 thoughts on “..Bayi Sungsang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s