..Diare..

Minggu kmrn itu sempet pengen makan ayam penyet, krn pengen ya makan donk krn sblm2nya nyium baunya aja mual2 dan entah knp wkt itu malah jadi pengen banget. Ayam penyet itu ayam goreng dengan cabe rawit jawa yg merah2+bawang putihh, rasanya jangan ditanya enak banget pedes gilaπŸ˜€. Karena kenikmataan sesaat itu efeknya agak2 gak bersahabat ama pencernaan, terasanya pas pagi2 sblm brngkt dan pas udah di kantor jdnya bolak balik toilet terus sampe lemes dududu😦 .

Kebetulan hari itu adalah jadwal kontrol buat periksa si baby di RS Budi Kemuliaan, dan dr Omo adanya cuma selasa – kamis jdnya sengaja dipas2in jadwal kontrolnya. Seperti biasa ditanya2in keluhan apa aja ya udah lngsng cerita klo seharian ini diare sampe 5x/6x seharian sampe lemes. Trs sempet ditanya2 makan apa emangnya kmrn? Sambil malu2 bilang ayam penyet. Sempet nanya boleh gak sih minum minuman spt pengganti ion tubuh krn ngerasa badan lemes kan? Kata dokternya takut kelebihan kadar gula atau garamnya sebaiknya dihindari, untuk obat yg sesuai dan pasti aman dikasih Pharolit itu sama aja ama Oralit rasa jeruk. Pas liat oh dulu wkt kecil sering minum Pharolit jg klo diare. Ternyata aman buat ibu hamil, krn selama hamil kan ga boleh minum obat sembarang hrs konsultasi dengan dokter.

Kebetulan tadi baca2 artikel di ayah bunda ternyata ada artikel yg pas ama keluhan kmrn tentang obat untuk diare.

Obat aman: Minuman isotonik dan bubuk rehidrasi (bubuk garam oralit)

Obat tidak aman: Obat anti-diare yang keras, seperti kaolin, morfin, dan lopermida, karena dapat menyebabkan gangguan pernapasan pada janin.

Terapi alternatif: Minum air putih sekitar 12 gelas dalam sehari untuk mencegah tubuh kekurangan cairan (dehidrasi).

Source : Ayahbunda, obat diare ibu hamil

Kmrn dibilang jg klo sudah berhenti diare bisa berhenti untuk mengkonsumsinya, biasanya cukup 1x atau 2x minum sudah membaik. Dan ternyata bener, tp minggu ini sempet jg diare lagi dan kali ini karena nasi padang+daging cincang dan gulai. Akhirnya minum pharolit lagi dehπŸ˜€.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s