..Petak Umpet..

source taken from deviart.com

 

Beberapa waktu lalu, pas malem mingguan (ceilee berasa abegeh) iseng2 duduk di depan rumah nonton anak2 kecil main petak umpet. Permainan ini entah ada dr tahun berapa yg pastinya sih udah ada dr gw kecil(wlwpun skrng gw jg ga gede2 tp mksdny wkt msh lbh muda dr skrng) dan rulesnya masih sama dan enggak berubah😀 . Rulesnya adalah semua yg ikutan main harus gambreng (ini seleksi saat org2nya msh banyak) ampe suit (ini seleksi akhir sampai tinggal yg tersisa 2 org) untuk menentukan siapa yang kebagian jaga pertama. Ada tempat yg dipakai buat benteng kali yah istilahnya, dimana yg kalah alias penjaga akan dpt tugas menjaga benteng nah dia akan menutup matanya sambil berhitung sebanyak jumlah yg sudah ditentukan. Jumlah hitungan itu ditentukan dengan cara seperti ada lima jari nanti akan ada seorg yg mencolek dngn salah satu jarinya misalkan pertama dia tebak salah berarti 10, salah lagi jd 20 sampai dengan 50. Dan menentukan hitungan cepat atau lambat itu biasanya ditentukan oleh tangan kiri atau kanan, klo salah jwb yah sudah pasti dia harus menghitung scr lambat. Disaat penjaga menghitung dengan jumlah yg ditentukan dngn kecepatan berhitung yg cepat maupun lambat semua harus bersembunyi. Setelah menghitung selesai maka si penjaga harus mencari semua yg bersembunyi. Yg bersembunyi jg berusaha untuk menjadi pembela, org yg bersembunyi dapat membela dirinya sendiri dengan cara dia harus memegang bentengnya sebelum penjaga memegang benteng sambil menyebutkan nama yg bersembunyi. Klo bahasa kerennya “Hong”, jd misalkan ada yg bersembunyi dan ketauan biasanya penjaga menyebutkan nama+Hong contohnya “Icha Hong” b-) .  Setelah terkumpul semua yg ngumpet, mereka akan berbaris lalu penjaga akan menyebutkan nomor yg dia pilih scr acak. Jika org yg berada diposisi yg disebutkan adalah seorg pembela maka penjaga harus jaga sekali lagi, sedangkan jika yg berada pd diposisi yg disebutkan bukan seorg pembela maka dia harus mengantikan si penjaga.  Permainan tradisional yg seru, wlwpun cuma jd penonton asik jg koq melihat mereka main hehehe😀

 

Dibawah ini skrinsut petak umpet :

Skrinsut saat si Penjaga yg harus menentukan berapa hitungan yg harus dihitungkan 

abcd0011

Skrinsut  saat penjaga sedang menghitung dan perhatikan gambar dibawah ini baik2 hohoho, ada penampakan >:)

abcd0010

Saat si penjaga sedang mencari yg lain :-$

abcd0006

saatnya menentukan siapa yg akan menjadi penjaga selanjutnya.  Berdoalah semoga bukan kamu yg jd penjaga selanjutnya [-o< hohoho…

abcd0009

5 thoughts on “..Petak Umpet..

  1. he he he itu poto lucu banget !! dikirain beneran penampakan ,. abis bajunya putih putih gitu ,.,

    petak umpet itu emang enak dimainin kalo yang maen dikit paling banter lima lah

    jadi kalo kebagian jaga, gak usah capek-capek cari ,., he he he

  2. @cipzto : kayanya permainan itu emang buat anak sd kali yah, krn terakhir aq main jg pas sd hehehe.. :d

    @vini : iya tdnya mau foto yg jaga aja eh pas diliat di kamera koq ada putih2 tau2nya ada yg ngumpet dipohon hehehe… tp makin banyak makin seru vin :d

  3. jadi inget masa kecil dulu, kalo malem – malem waktu liburan selalu maen petak umpet sama temen2 didepan rumah.
    tapi…masa kacil itu telah terenggut berlalu. Kemana ya teman2 kecilku sekarang??:((:d

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s