..Form Input with PHP..

;;) Hmm.. jd berhubung gw udah lama bgt ga coding, dan penyakit mendadak amnesia gw semakin parah. Jadi kayanya ilmu2 kudu (red:kudu belajar yg rajin) hrs dipindahkan pada tempat yg mudah dan gampang diakses kapan aja saat gw butuh๐Ÿ˜€. Yah salah satunya adalah blog gw ini, krn kmrn sampai td siang menjelang sore ini bantuin coding KKP(red:Kuliah Kerja Praktek). Dan hal yg sangat disayangkan adl kebetulan chargernya my leppy bermasalah trs si leppy ngambek2 klo ga ada chargernya dia ga mau idup *lebayyyy*, alhasil sbg programer kupipes gw agak kerepotan kehilangan source2 gw yg berharga๐Ÿ˜ฆ . Sampai akhirnya gw memutuskan buat posting2 ttg PHP๐Ÿ˜€. eMmm krn ga terbiasa nulis tutorial jd maaf2 aja klo bahasanya hanya bisa dimengerti antara Tuhan dan gw hahahaha :)) .

Langsung aja yah, bikin contohnya yg sederhana2 aja๐Ÿ˜€

form_biodata.php

<table>

<form action=”proses_biodata.php” method=”post”>
<tr>
<td>Nama</td>
<td><input name=”nama” type=”text”></td>
</tr>
<tr>
<td>Alamat</td>
<td><textarea cols=”20″ rows=”3″ name=”alamat”></textarea>
</td>
</tr>
<tr>
<td>Jenis Kelamin</td>
<td>
<select name=”agama”>
<option value=”Islam”>Islam</option>
<option value=”Katolik”>Katolik</option>
<option value=”Protestan”>Protestan</option>
<option value=”Hindu”>Hindu</option>
<option value=”Budha”>Budha</option>
</select>
</td>
</tr>
<tr>
<td>Jenis Kelamin</td>
<td><input name=”sex” type=”radio” value=”pria” /> Pria
<input name=”sex” type=”radio” value=”wanita” /> Wanita</td>
</tr>
<tr>
<td></td>
<td><input name=”Submit” type=”submit” value=”Submit” /></td>
</tr>
</form>
</table>

Tampilan sbb :
form_biodata

Dari file form_biodata akan mengepost isi form tsb, sblm membuat script cara insert data pd database. Baiknya file koneksi ke database Mysqlnya dibuat file dipisah agar memudahkan saat pemanggilan yg berulang-ulang jika akan digunakan pd file2 yg lain.

connection.php

<?php

#Connection To DataBase

$dbhost = “localhost”; //ini adl letak server Mysqlnya
$dbuser = “root”; // ini diisi sesuai dgn user MySqlnya
$dbpass = “”;ย  //ini diisi sesuai dngn password MySqlnya
$dbname = “biodata”; // ini adl nama database yg akan digunakan

mysql_connect(“$dbhost”,”$dbuser”,”$dbpass”) or die (“Koneksi gagal”);
mysql_select_db(“$dbname”);

?>

Berikut ini adalah script insert ke databasenya.

proses_biodata.php

<?php
include “connection.php”;

if(isset($_POST[‘Submit’]))
{

$sqlย ย ย  = “INSERT INTO biodata (nama, alamat, agama, sex)
VALUE(‘$nama’,’$alamat’,’$agama’,’$sex’)”;
$query ย ย ย  ย ย ย  = mysql_query($sql);
}
?>
<script>
alert(” Data telah tersimpan”);
document.location=”form_biodata.php”;
</script>

Fuihh yah begitulah kira2 bikin form login sampai insert ke databasenya klo ada salah2 kata boleh dikoreksi๐Ÿ˜€, sampai jumpa di script2 lainnya *elap2 keringet*. Ada pesan sponsornya kata MasQu “Cape deh!”.ย  Me *gubraks* :)>-

6 thoughts on “..Form Input with PHP..

  1. mas kalo submitnya ke email kita gemana mas??
    contoh saya mau membuat form pengaduan dari web saya…
    nah nanti pengunjung mengsi form tersebut dan nantinya dikirim ke emael saya…???

  2. agan saya mau nanya boleh?
    contoh saya mau membuat form pengaduan dari web saya…
    nah nanti pengunjung mengsi form tersebut dan nantinya dikirim ke emael saya…???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s