..Puasa saat hamil 7 bulan..

eMmm gak terasa puasa sudah memasuki minggu ke 2, 1 bulan sblm puasa kmrn sempet konsultasi dengan Dr. Omo boleh gak yah untuk puasa krn dr beberapa temen istrinya lagi hamil juga bilang “boleh koq puasa yg penting bukan saat-saat kehamilan trisemester pertama soalnya biasanya masih muntah jdnya makanan yg masuk tuh cuma sedikit” . Klo diliat alesannya sih emang bener dan masuk akal apalagi pas kmrn hamil trisemester pertama mang bener2 parah ngidamnya ampe dirawat krn muntah-muntah terus. Pede donk yah nanya ama dokternya klo yakin banget bakalan diizinin buat puasa, tp pas konsultasi ternyata hasilnya gak boleh puasa krn berat badannya cuma naik 1kg :( . Trus kata Dr Omo klo bln dpn naiknya lebih banyak kemungkinan puasanya dibolehin, setelah tanya temen yg lagi hamil jg katanya makan es cream deh ntra naiknya cepet. Akhirnya sebulan terakhir makan es cream rasa chocolate chocochips mksdny biar double chocolate gitu :D, akhirnya naik 3kg dan dibolehin puasa horrreee.. *joged2*. Tapi dengan catetan sblm tidur mesti minum susu dan porsi makannya lebih dijaga jgn sampe turun berat badannya lagi.

Akhirnya puasa dpt 2 hari malemnya nimbang naik 2kg wah aman berarti donk, eh pas puasa hari ke 5 nimbang lg malemnya ternyata turun sampe 3kg :( . Wah sedih banget ampe turun akhirnya 2 hari gak puasa buat naikin berat badan lagi, pas hari ke 8 mulai puasa lagi sampai hari ini skrng dah hari ke 10 pas tadi timbang ternyata dah naik lagi 3kg, alhamdulillah… :)

Trs kmrn sempet baca artikel di okezone yg isinya begini :

Diketahui, anak-anak yang lahir dengan plasenta lebih kecil daripada rata-rata memiliki peningkatan risiko penyakit kardiovaskular di kemudian hari. Meskipun terlalu dini untuk menyarankan apakah wanita hamil sebaiknya tidak berpuasa, Ashton mengatakan. “Kelahiran berat tidak terpengaruh, yang tentunya berita baik, tetapi kita perlu melihat apakah plasenta kecil memengaruhi risiko penyakit kardiovaskular pada anak-anak dalam jangka panjang.”

source : Bumil Puasa, Bayi Lahir Berisiko Plasenta Kecil

Mikir donk yah sebagai ibu yg sayang ama baby, akhirnya saya nyoba untuk ikutan Diskusi LIVE Ayahbunda-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, “Tips Berpuasa untuk Ibu Hamil dan Menyusui”, Rabu, 18 Agustus 2010. (Umum) dengan dr Savitri Sayogo SpGK. Menurut beliau gak ada untuk kaitannya dengan bayi lahir risiko plasenta kecil, sejauh ini tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa puasa mengakibatkan ukuran plasenta menjadi kecil. Akhirnya saya memutuskan untuk puasa lagi. Mencoba berpositif thinking sbnrnya puasa itu baik krn pola makan lebih teratur cuma yah itu ditambah ngemil di malam harinya, bismillah nawaitu aja deh selama merasa msh kuat berpuasa saya mencoba untuk berpuasa. Alhamdulillah gerakan si baby masih terasa sangat aktif walau saya berpuasa. Dan sempat baca postingan di diskusi tsb katanya gerakan janin bukan berarti si babynya kelaparan.

Oh iya krn sblmnya jg baca2 artikel sbb yg bisa di jadikan referensi :
BerPUASA SAAT HAMIL? Boleh Saja
PUASA SAAT HAMIL
Bolehkah Puasa Saat Hamil

Oh iya intinya boleh/tidaknya puasa dilihat dr kondisi si Ibu sendiri yah, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter krn mereka lebih tau kondisi kita. Met puasa yah ;)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s