..7 bulanan..

eMmm denger kata2 7 bulanan rasanya dah Jawa bgt deh dengan segala macem2 ritual yg aneh2 dan ribet pastinya. Klo orang Jawa ada tradisi 7 bulanan yg intinya syukuran atas janin yg dikandung tujuannya itu minta doa semoga jabang bayi dan si calon ibu diberikan keselametan, kesehatan dan kelancaraan saat proses persalinan. Yah sekali lagi ditekankan ini tuh cuma tradisi dan gak ada diajaran Islam loh. Setelah digugling sana sini gak ada tuh hadist maupun surat yg mewajibkan acara 7 bulanan itu.

Jadi seminggu sebelum 7 bulanan si mbah dateng ke rmh dan maksa buat adain 7 bulanan, saya dan suami kekeuh gak mau ngadain. Walau mbah itu dah Haji knp yah susah bgt diajak ngomong klo yg keq gitu dia bilang itu wajib padahal jelas2 gak ada Hadist yg ngejelasinnya, susah emang klo ngomong ama nenek2 sampe ngejelasin berbusa2 tetep aja gak mau kalah. Sampe nyalah2in kita dududu, ya udah mau gmn lagi drpd berantem akhirnya di iya2in aja.

Pas hari H, pagi2 dah ditlp buat 7 bulanan katanya suruh bantuin akhirnya dengan 1/2 hati terpaksa bgt kesana jg. Setelah disana bantu2in buat rujakan 7 bulanan yg katanya pake 7 macem buah (jambu, mangga, nanas, kedondong, bengkoang, delima) entah 1 lagi apa soalnya pas nyampe sana udah dicampur2. Abis bantu2in rujakan eh ngeliat wah apa2an tuh ada kembang2an kuburan gitu ama minyak wangi apaan yg baunya dududu bikin pusing. Wah dah makin ngerasa gak enak dan pengen cepet2 kabur rasanya. Kmrn itu dirayu datengnya krn bilangnya cuma pengajian aja, dan gak bilang ada kembang2an gini.

Acara dimulai dr dengan doa2 untuk si jabang bayi dan ibu lalu dilanjutkan doa2 untuk keluarga yg sudah meninggal trs Yasinan, pembacaan surat Maryam, Yusuf dan Shalawatan. Klo didoain siapa sih yg gak mau? Semuanya jg mau hehehe, akhirnya selesai jg pengajian sblmnya si ayah dah sms intinya klo disuruh mandi pake kembang2 gitu jgn mau. Iyalah wong bilangnya cuma pengajian. Ternyata bener kembang2an itu disuruh pake buat mandi. Akhirnya setelah ngeles sana sini bilang klo kembang2annya dibawa pulang aja dan sampe rumah dibuang, maaf yah krn kita gak percaya ama yg begitu2an.

Yah intinya selama hanya diniatkan untuk mendoakan itu fine2 aja tp klo udah ampe melakukan hal2 yg ada ritual2 gitu, maaf bgt. Segitu deh cerita pengalaman tentang 7 bulanan dan perasaan gundah gulana menghadapinya *halah* :D . Klo pun ada yg berpendapat berbeda balik lagi ke pribadi masing2 aja yah bagaimana meyakininya. Inget hidup itu penuh dengan perbedaan ;)

About these ads

One thought on “..7 bulanan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s